Sabtu, Januari 17, 2009

Praktikum Kesehatan Masyarakat: "Kompetensi Dasar Sarjana Kesehatan Masayarakat"

Perkembangan kesehatan masyarakat dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat cepat. Berbagai permasalahan dalam masyarakat mengharuskan tenaga kesehatan untuk memiliki kemampuan dan kompetensi dasar sebagai calon sarjana kesehatan masyarakat, salah satunya memahami dan menguasai praktikum kesehatan masyarakat. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara pendidikan kesehatan masyarakat saat ini sedang menyelenggarakan praktikum kesehatan masyarakat yang dilaksanakan di Laboratorium Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar, yang dimuai dari tanggal 15 Januari 2009 sampai dengan 27 Januari 2009, dengan materi kegiatan yakni :

  1. AKK : menghitung unit cost pelayanan kesehatan,
  2. K3: pengukuran cahaya, getaran, dan landasan kerja,
  3. Biostatistik/KKB: membuat piramida penduduk, life tabel, pemecahan kelompok umur,
  4. Gizi: pengukuran status gizi dengan IMT,LILA,TLK,pengukuran Hb dan Glukosa darah,
  5. PKIP: tekhnik pengembangan media sederhana,
  6. Tekhnik komunikasi dan presentase Kesling: kualitas air minum,bakteriologi,identifikasi nyamuk,
  7. Epidemiologi: Pemeriksaan mikroskopik TBC, kusta, diare.

Kegiatan ini diikuti oleh 94 orang mahasiswa yang terbagi dua peminatan yakni peminatan epidemiologi dan administrasi kebijakan kesehatan (AKK). Dengan empat orang pendamping yakni: Ramadhan Tosepu, SKM, M.Kes., Asrun Salam, SKM, M. Kes., Suhadi, SKM ,M. Kes., dan Laode Ali Imran, SKM, M. Kes. Output dari kegiatan ini melahirkan mahasiswa yang mampu menguasai praktikum kesehatan masyarakat.

1 komentar:

  1. assalamu alaikum, Gimana kabarnya Pak. Bapak tambah gemuk sy lihat. he he he. saya baru lihat blogx pak ramadhan. apa pak ramadhan dosen di universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara?

    Apa disana ilmu kesmas gabung dengan fakultas MIPA?

    Salam
    Alumni STIK angk 99

    BalasHapus