Sabtu, Januari 03, 2009

STUDI EPIDEMIOLOGI KESEHATAN LINGKUNGAN SUNGAI LASOLO TAHUN 2008

Ramadhan Tosepu

ABSTRAK
Sungai Lasolo merupakan salah satu anak sungai yang bermuara di teluk kendari. Bahan buangan yang mencemari Sungai Lasolo yakni : Bahan Buangan Padat di sungai Lasolo berupa pasir, tanah, sisa bahan bangunan, serbuk-serbuk kayu dan tripleks, Bahan Buangan Organik, misalnya tinja, kotoran ayam, sisa tumbuhan dan daun yang berguguran, serta adanya bangkai tikus, Bahan Buangan Olahan Bahan Makanan, misalnya sisa makanan, daging, tulang sapi dan tulang ayam, Bahan Buangan Cairan Berminyak, misalnya minyak tanah dan oli yang berasal dari bengkel dan pangkalan minyak tanah, bahan Buangan Zat Kimia dapat berupa : Sabun (detergen, sampo dan bahan pembersih lainnya), berasal dari aktivitas penduduk (limbah rumah tangga), Zat warna kimia pada makanan, berasal dari penduduk yang membuat/menjual manisan mangga dan nenas, Plastik, berasal dari limbah-limbah rumah tangga, Zat kimia lainnya, berasal dari limbah rumah sakit (Rumah Sakit Santa Anna Kendari).
Kata kunci : organik,olahan bahan makanan,cairan minyak,zat kimia.

3 komentar:

  1. Hebat teman,
    dua minggu tidak bertemu sudah membuatmu maju sejauh ini. Maafkan saya karena request Abstrack translating itu belum kubuat juga. Saya sedang berada di KL seminggu ini. Ada simposium mengenai Sastra Jawa, Serat Centhini, yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga studi Kebudayaan Melayu.

    Berhubung karya sastra itu dulu menjadi dongeng sebelum tidur saya, dan karena saya pernah ikut sibuk membuat edisi bahasa Perancisnya, Le Livre de Centhini, maka jadilah saya salah satu undangan.

    Teruslah menulis kawan.
    Dirimu memiliki sense khusus di bidang ilmiah. Tidak semua orang, termasuk saya, yang sanggup membuat sebuah tuisan ilmiah menjadi begitu renyah untuk dibaca, dan terasa begitu "menggoda".
    Concernmu terhadap masalah lingkungan membuat saya bertanya-tanya, "ada berapa orang SULTRA yang masih mau ngurus masalah ini sih?"
    Bukankah kita semua tahu, betapa joroknya tanah air kita.
    Alangkah baiknya jika pemikiran yang sama ditanamkan pada para siswamu di SMK kesehatan.
    Barangkali suatu saat kita bisa membuat sebuah workshop singkat mengenai lingkungan dan masalah-masalahnya di sekolahmu?

    Tesu maju, man!

    Markus T Noorwendo

    BalasHapus
  2. Assalamu Alaikum..

    Kanda Ramadan
    sebelumnya, Senang bisa mengunjungi Blognya Kanda. saya salah satu alumni STIK Tamalatea Makassar (Jauh di bawah generasi Kanda Ramandan)
    Waktu masi Kampus dulu, kami adik-adik pengurus violet hanya tau namanya Kanda saja dari arsip sejarah organisasi (Pendiri LPM VILOET)

    Salam Kenal..!

    alhamdulillah sampai saat ini Violet masi tetap eksis kanda, perkembangan terahir kader Violet menjadi Sekjen Kota Makassar (Menggantikan Kanda Wiwin LPMH UH)Alhamdulillah sebagai pencapaian dan tentunya tak lepas dari semangat (para pendiri yang telah menyediakan kami media untuk berkreasi di bidang jurnalistik dengan membentuk VIOLET 13 tahun silam).

    Oh iya kanda belakangan ini saya coba-coba buat blog klo ada waktu mohon kanda mengkritisinya guna kesempurnaan, berikut alamatnya:
    (http://ikkibondenk.wordpress.com/)
    (http://ikkibondenkkesmas.blogspot.com)..
    makasi kanda

    Hormatku

    BalasHapus
  3. JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    BalasHapus