Rabu, Juli 29, 2009

PENYUSUNAN BUKU SURVEI DEMOGRAFI DAN KESEHATAN INDONESIA (SDKI) 2007 (Ramadhan Tosepu)

Dalam tulisan sebelumnya (baca:gender dalam kesehatan reproduksi di Indonesia,ditulis tanggal,5 Juli 2009) penulis pernah menyampaikan akan pelaksanaan ICPD di Cairo, Mesir. Berkenaan hal tersebut banyak hal yang telah dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk mengurangi masalah kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah pemenuhan basic data kesehatan yang didalammnya memuat data-data terbaru tentang kondisi status kesehatan masyarakat saat ini. Kegiatan ini sangat penting oleh karena data yang telah ada dapat digunakan oleh pemerintah pusat/daerah dalam perencanaan pembangunan kesehatan.
Implementasi dari pemenuhan data kesehatan tersebut telah dilakukan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007 yang bertujuan : 1) Mengumpulkan data mengenai tingkat fertilitas, mortalitas dan prevalensi KB.2) Mengumpulkan informasi tentang kesehatan ibu dan anak, seperti perawatan ibu hamil,imunisasi, pemberian ASI, pengetahuan tentang AIDS/PMS lainnya, dan kematian ibu.3) Memenuhi kebutuhan data dasar yang memiliki keterbandingan internasional untuk penyusunan kebijakan dan program di bidang kependudukan dan kesehatan.4) Mengumpulkan data mengenai pengetahuan, sikap dan perilaku pria berstatus kawin berkaitan dengan kesehatan reproduksi, penyakit AIDS dan PMS lainnya.5) Mengumpulkan data untuk memantau peran serta pria dalam program KB.6) Mengumpulkan data mengenai pengetahuan, sikap dan prilaku remaja yang belum kawin berkaitan dengan kesehatan reproduksi, penyakit AIDS dan PMS seksual lainnya.7) Mengumpulkan informasi mengenai kesehatan lingkungan tempat tinggal, antara lain mengenai kondisi rumah, fasilitas air bersih, fasilitas dapur, keberadaan ternak/unggas di sekitar rumah, dan upaya pencegahan malaria. Survei tersebut dilakukan serentak diseluruh indonesia dengan pelaksana kegiatan BPS bekerja sama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Departemen Kesehatan (DEPKES). Secara teknis, BPS juga dibantu oleh United States Agency for International Development (USAID) melalui proyek Demographic and Health Surveys yang dilaksanakan oleh ORC Macro International, Amerika Serikat.
Survei yang telah dilakukan merupakan dokumen publik yang layak untuk diketahui oleh masyarkat, sehingga untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data-data tersebut oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan penyusunan Buku Survei Demografi Kesehatan Nasional (SDKI) 2007 yang melibatkan perwakilan dari seluruh indonesia. Harapannya adalah masing-masing provinsi akan menerbitkan buku tersebut yang bisa dijadikan bahan rujukan bagi perkembangan kesehatan masayarkat di daerahnya masing-masing. (Bogor,24 Juli 2009)

0 komentar:

Posting Komentar